Solusi

Brand maupun branding tidak boleh berhenti atau bahkan berkurang dimasa sulit! Pada akhirnya apa yang mempengaruhi pilihan seorang konsumen selama masa resesi tidak berbeda jauh dengan faktor penentu keputusannya di kala iklim ekonomi masih normal.

Justru apa yang dijanjikan oleh suatu brand harus lebih nyata & persuasif untuk dapat mencapai tingkat harga yang sama.

Yang bisa dilakukan untuk brand Anda

Buatlah inovasi dengan menciptakan kembali brand Anda, bukan hanya produk Anda.
Usaha, layanan, kemitraan, & teknologi baru tidak selalu berarti penemuan baru. Kecepatan arus informasi di Internet seringkali memaksa untuk menciptakan ulang produk namun menuntut perusahaan untuk tetap setia pada semangat brand tersebut. Seringkali, teknologi “terbaru” digunakan hanya supaya terlihat berbeda & mungkin tidak sesuai dengan identitas brand tersebut. Namun brand yang paling kuat selalu konsisten menghidupkan kembali ide-ide mereka untuk mengkomunikasikan siapa mereka, apa yang mereka wakili, & mengapa.

Berpikirlah untuk jangka panjang.
Brand-brand ternama selalu konsisten dengan komitmen untuk berinvestasi sebagai aset strategis jangka panjang. Ini berarti bahwa pasar tidak akan menoleransi brand yang memasuki pasar secara menggemparkan tetapi kemudian memudar begitu saja. Meskipun Internet mempercepat penciptaan sebuah brand, brand yang mampu bertahan akan memerlukan pemantauan & penjagaan terus-menerus oleh perusahaannya.

Terpadu & Sistematis
Meskipun anggaran perusahaan Anda kecil, lakukan segalanya secara terpadu dan sistematis. Hasil yang Anda capai akan lebih besar jika Anda bisa bersikap konsisten. Fokuslah pada pesan yang hendak Anda sampaikan pada konsumen.

Terlalu banyak jenis produk yang tidak menguntungkan
Cara termudah untuk mengurangi biaya adalah dengan fokus pada produk terbaik Anda. Anda perlu benar-benar mempertimbangkan kembali untuk melanjutkan penjualan brand & sub-brand serta memperpanjang masa penjualan produk yang tidak menghasilkan keuntungan.

Penampilan produk Anda
Pastikan produk anda terlihat menarik & menggiurkan. Meskipun hanya tampakan kulit luar, namun justru inilah yang seringkali menjadi daya tarik utama konsumen. Pastikan saat konsumen melihat produk Anda, ia akan berkata, “saya harus memilikinya.”